Monday 11 September 2017

Filter Lensa Murah tapi Berkualitas?

Yak jumpa lagi dalam entri saya!!!

Dapat kalian lihat pada judul heboh di atas, kali ini saya akan mereview hasil filter yang saya miliki. Sebagai basa-basi, saya akan menjelaskan dulu apa itu filter.

"Optical filters are devices that selectively transmit light of different wavelengths, usually implemented as plane glass or plastic devices in the optical path which are either dyed in the bulk or have interference coatings." (https://en.wikipedia.org/wiki/Optical_filter, dikutip 11 September 2017)
"... a filter is a camera accessory consisting of an optical filter that can be inserted into the optical path. The filter can be of a square or oblong shape and mounted in a holder accessory, or, more commonly, a glass or plastic disk in a metal or plastic ring frame, which can be screwed into the front of or clipped onto the camera lens." (https://en.wikipedia.org/wiki/Photographic_filter, dikutip 11 September 2017)

Intinya adalah filter lensa adalah sebuah perangkat yang dipasang pada lensa yang digunakan untuk melewatkan cahaya tertentu dan membuang cahaya yang lainnya. Ada yang berbentuk lingkaran dan ada yang berbentuk bujur sangkar. Dan pada entri ini, filter yang saya review adalah filter berjenis CPL. Dari Wikipedia, CPL Filter dijelaskan sebagai berikut:

"A polarizing / polarising filter is often placed in front of the camera lens in photography in order to darken skies, manage reflections, or suppress glare from the surface of lakes or the sea." (https://en.wikipedia.org/wiki/Polarizing_filter_(photography), dikutip 11 September 2017)

Jadi secara sederhana, filter ini digunakan untuk mengatur pencahayaan langit, pantulan, dan silau dari suatu benda. Cara menggunakannya cukup sederhana, pasang saja pada lensa atau ring filter hingga benar-benar terpasang kemudian kalian putar-putar bagian terluarnya sesuai kebutuhan hasil pencahayaan pada pemotretan. (putarlah searah jarum jam agar tidak lepas saat digunakan)



Filter yang saya gunakan adalah filter CPL dari Kenko. Filter ini memiliki harga yang bervariasi di setiap toko (apalagi di toko online). Kebanyakan sekitar 200-300 ribu rupiah. Tetapi di toko online, saya melihat banyak harga yang lebih murah (entah apa yang beda). Harga dari brand satu ini memang cukup murah jika dibandingkan dengan brand terkenal seperti B+W, Hoya, dan sebagainya karena memang saya membeli dengan menyesuaikan isi kantong.

Dari harga tersebut, saya ingin membagikan hasil yang saya dapat. Mungkin tidak ya harga relatif terjangkau tetapi hasilnya bagus? Nah dapat Anda lihat sendiri pada foto-foto di bawah ini. Hasil yang tampilkan pada review ini menggunakan kamera prosumer Canon SX540 HS dengan filter ring.


Yak silakan kalian nilai sendiri hasil filter dari foto-foto di atas. Sebagai fotografer amatir yang hanya bermain-main untuk hobi, menurut saya pribadi hasil filter CPL dari Kenko ini sudah cukup bagus. Sekian dari saya. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment