Sunday 10 September 2017

Menggunakan Filter pada Prosumer

Jumpa lagi dalam ketikan (atau tulisan) saya!!!

Pada entri yang singkat ini, saya akan membagikan cara mengatasi kekurangan prosumer. Yaitu "tidak bisa diapa-apakan". Ya, kata-kata inilah yang sering muncul ketika saya bertanya-tanya pada penggemar fotografi yang sudah profesional. "Rugi" atau "nanggung" karena lensa yang tidak dapat digonta-ganti dan aksesoris yang tidak banyak. Tapi bagi saya yang ingin memanfaatkan uang yang pas-pasan, hal tersebut tidak menggoyahkan keinginan saya untuk membeli jenis kamera yang satu ini. Prosumer yang saya beli adalah kamera super zoom Canon SX540 HS. Kamera ini memiliki optical zoom sebesar 50x, sehingga cocok untuk saya penggemar fotografi alam liar (misalnya memotret hewan atau tumbuhan yang harus dari jarak jauh).

Sekedar cerita, sebelum membeli kamera tersebut, sebelumnya saya telah membeli kamera Canon SX420 IS. Tapi sayang, kamera ini kurang memuaskan saya karena kontrolnya yang masih otomatis dan tidak memiliki slot aksesoris fotografi. Dan kamera tersebut berakhir terjual hahaha...

Nah kelebihan Canon SX540 HS daripada kamera saya yang sebelumnya adalah kontrolnya yang dapat diatur manual sehingga saya lebih dapat berkreasi dengannya. Kemudian yang lebih membantu adalah...


Yak, benar sekali! Terdapat ring slot (istilah tempat pasang ring, gak tau istilahnya bener atau nggak haha) pada ujung lensanya. Setelah saya cari-cari... kode produk ini adalah DC67A (silakan browsing). Produk ini sangat unik, hanya dapat digunakan untuk prosumer Canon SX40, SX50, SX60, SX540, SX530, dan sejenisnya. Pada dasarnya ring ini dapat digunakan untuk memasang filter berukuran 67 mm. Tetapi jika ingin menggunakan ukuran lain, dapat menggunakan step up atau step down ring untuk ditambahkan pada ring tersebut. Kekurangan dari ring ini adalah produk ini sangatlah langka di Indonesia, sangat-sangat langka. Saya mencari dengan keliling toko aksesoris kamera tidak ada yang menjual, sehingga saya beralih ke toko online. Ketika saya membelinya pada sebuah toko online, produk ini langsung berstatus stok kosong. Artinya ring yang saya terima adalah barang terakhir.


Nah, sekian untuk entri kali ini. Entri berikutnya saya akan mereview beberapa filter dan hasil jepretan kamera yang saya gunakan. Terima kasih. Berikut ini merupakan hasil penggunaan filter yang telah saya coba:
1. CPL Filter
2. 

1 comment:

  1. Terima kasih! Akhirnya nemu juga yang ngasih pendapat soal kamera prosumer & cara nambahin filternya. Sebagai pengguna prosumer, udah agak lama nyari-nyari tulisan review seri terkait dari orang Indonesia & baru nemu ini. Mungkin karena penggunanya sedikit kali ya... Tapi emang asik kalau buat zoom jarak jauh, nggak perlu tambahan lensa :D

    ReplyDelete