Thursday 6 October 2016

Pengalaman Kuliah di Jurusan Informatika

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Yak, kali ini saya akan berbagi pengalaman saya tentang kuliah di jurusan yang WOW, yaitu informatika. Ini adalah pertama kalinya saya berbagi pengalaman dengan blog ini, jadi sangat langka ya. Mumpung masih ingat apa saja yang dirasakan dan apa saja yang terjadi dan sebentar lagi mau wisuda (nutup).

Siapa yang tidak mengenal informatika? Kata wikipedia (dikutip 6 Okt 2016), "informatika merupakan disiplin ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi". Intinya informatika itu ilmu "pegang-pegang" komputer ya, spesifikasinya adalah tentang software dan transformasi data menjadi informasi yang berguna, ya gitu lah pokoknya.

Jurusan informatika di Indonesia bisa saya katakan termasuk jurusan "populer" di kalangan calon-calon mahasiswa. Peminatnya banyak sekali apalagi terdapat berita-berita bahwa katanya "lulusan informatika banyak peluang kerjanya; informatika dibutuhkan banyak perusahaan; dunia sedang ke era digital; dan lain-lain". Ada juga yang suka promo-promo "lulusan informatika adalah calon menantu idaman", (hadeeeeeh). Ya percaya atau tidak.

Jadi memang benar dunia kita sedang melakukan perubahan besar-besaran ke arah komputer, jadi lulusan-lulusan seperti ini banyak dibutuhkan. Sehingga banyak calon mahasiswa yang memilih bahkan mendaftarkan diri ke jurusan tersebut. PA DA HAL, jurusan belum tentu sesuai dengan keahliannya, pribadinya, dan lain-lain. Tapi ya tetap saja banyak saingan masuknya.

Yak awal saya berkuliah informatika adalah berkenalan dengan informatika (ya pasti). Kita harus tau informatika itu inputnya apa outputnya apa (#sori), jadi mudahnya informatika itu mempelajari apa dan tujuan akhirnya apa (ya gitu lah pokoknya). Entah karena kuliah di politeknik atau gimana, sehari-hari saya ngode/ngoding. Ya itulah "makanan sehari-hari". Kunci dari ngoding adalah mengerti bagaimana cara kerja suatu program untuk menyelesaikan masalah. KUNCINYA ADALAH URUT. Maksudnya adalah saat kita memprogram sesuatu, kode itu pasti terurut dijalankan dari tulisan atas ke bawah sesuai jalannya. Jadi ya ikutin aja arah programnya gitu loh. Intinya seperti membuat dan mengikut prosedur atau resep masakan atau sejenisnya. Jadi kita juga harus tahu apa yang dibutuhkan dan apa yang akan dihasilkan nanti. Hasil yang didapat bisa berupa hasil akhir, atau bisa juga merupakan bahan untuk membuat hasil berikutnya. Jadi terkadang ada program yang butuh hanya sekali jalan dan ada yang berantai.

Maaf hampir terlupa, sebelum saya masuk ke jurusan yang populer ini, saya sempat berpikir ini adalah jurusan yang susah. Ternyata tidak juga. Apalagi saya pernah membaca sebuah blog (yang saya lupa blognya apa) mengatakan bahwa "informatika = informasi + matematika", nah matematikanya itu yang bikin horor (kebetulan saya lalai saat matematika SMA). Tapi, ternyata saya terlalu berekspektasi tinggi, saya mengira "pelajaran di SMA langsung harus diterapkan di kuliah", ternyata tidak juga. Para dosen yang baik hatinya bersedia mengajari mulai awal sampai kita bisa. Alhamdulillah saya menjadi paham (saat itu saja, sekarang lupa lagi). Jadi ya kuliah itu seperti mulai dari awal, tidak perlu takut tidak bisa karena memang para dosen wajib berusaha agar kita bisa. Tapi tetap saja kita harus bekerja sama ikut berusaha menjadi bisa agar kegiatan belajar-mengajar menjadi efektif.

Sekedar informasi, padahal "matika" disini yang dimaksud adalah disiplin ilmu, bukan singkatan dari matematika.

Menurut saya yang sangat penting adalah konsep pemrograman. JANGAN PERNAH LALAI PADA MATA KULIAH YANG SATU INI KARENA SANGAT BERPENGARUH PADA MASA DEPAN KULIAH KALIAN MAHASISWA INFORMATIKA (#sori). Yak memang betul, berdasarkan pengalaman saya, banyak orang yang mengeluh tidak bisa ngoding saat dia sudah semester tengah atau akhir. Setelah saya tanya, masalah utama ada pada konsep pemrograman yang mereka lalai di dalamnya (sayang sekali). Jangan menyerah dan jangan malu untuk mengaku tidak bisa. Katakan saja tidak apa-apa. Tidak perlu gengsi atau takut dipandang rendah oleh orang lain. Buang jauh-jauh pikiran itu. Segeralah bertanya jika tidak mengerti.

Informatika adalah ilmu yang tidak bisa berdiri sendiri, intinya adalah mendigitalkan ilmu lain. Misal data kesehatan kita olah dengan komputer, atau data lingkungan kita olah dengan komputer. Yak seperti itu lah. Ini bisa jadi peluang jika kita punya banyak hobi, misal ingin jadi dokter tapi gak kesampaian masuk kedokteran, ya kita bisa membuat software-software medis, penelitian tentang kesehatan, dan sebagainya.

Kembali ke benang merah. Alhamdulillah saya termasuk lancar di jurusan ini. Mata kuliah yang diajarkan cukup menarik, mulai dari konsep pemrograman, logika algoritma, jaringan, basis data, data warehouse, pemrograman berbasis obyek, pemrograman mobile, machine learning, data mining, gis, dan lain-lain semuanya menarik (menurut saya). Kebetulan saya menempuh D4 di politeknik, jadi sehari-hari "makanan" saya adalah kode dan saya "mengeluarkan" laporan. Sampai bosan bikin laporan (alhamdulillah sudah selamat).

Menurut saya, kuliah di jurusan ini cukup mudah. Cukup mudah. Ya, cukup mudah. Memang saat "berebut kursi" banyak saingannya (susah). Jadi sesuai pepatah "jurusan yang susah masuknya pasti mudah keluarnya". Memang ada mitos seperti itu di kalangan mahasiswa. Tapi menurut saya tidak juga, tergantung usaha dan nasibnya masing-masing. Saya pun pernah merasakan putus asa di hampir akhir perjalanan kuliah saya di jurusan ini karena bingung algoritma mengukur 12 sudut jari-jari pada sebuah obyek dalam gambar. Dan itu adalah permasalahan Tugas Akhir (bisa dibilang sejenis skripsi), tapi saya tetap berjalan. Jika kita tetap berjalan (sabar) pasti kita akan ditunjukkan jalan, jangan menyerah. Buktinya saya beberapa hari lagi wisuda padahal sudah sempat izin telat lulus kepada orang tua loh.

Yak sekian bagi-bagi saya semoga bermanfaat. Tetaplah berdoa dan berusaha, tetaplah bersabar (mengikuti proses yang ada). Terima kasih. Wassalam.

No comments:

Post a Comment